Dua sisi.

Dua sisi.

Seperti semuanya dalam hidup, segalanya memiliki dua sisi, maka kau harus melihat dari dua sisi tersebut dan bukan hanya dari salah satunya.

Seperti cerita yang kau dengar, dengarlah dari dua sisi. Atau ketika kau mencintai seseorang, kau harus mencintainya dari sisi mu dan sisinya. Atau ketika kau berteman, ketika kau bersama sahabat. Atau ketika kau mengenalku, satu sisi saja tidaklah cukup.

Aku, seseorang yang begitu takut – takut akan masa depan, takut akan kritikan orang, takut mengecewakan dan dikecewakan, takut orang salah menilai. Aku, banyak yang mengenalku dari sisi nyaman, sisi dimana aku juga merasa begitu hidup dan semangat. Sedikit yang mengetahui sisi dimana aku merasa begitu sendiri dan sepi.

Siapalah aku ini? Bukan siapa siapa, tak satupun yang menganggapku istimewa, semuanya bagai ilusi yang datang lalu pergi tanpa benar-benar ingin mengerti. Aku tidak menyalahkan, aku juga tidak mengerti mereka (teman dan keluargaku), aku begitu tidak sempurna bagi mereka.

Aku memutuskan untuk berhenti berharap beberapa waktu lalu meski bukan hidup namanya jika tanpa harapan. Aku hanya berpikir semuanya akan lebih mudah seperti itu.

People, no matter how close they are to you, will never understand you as much as you yourself. People say they understand when all they do is just knowing you and never understanding. That is why people hate each other, they blame each other, they accuse each other, it is because they barely know their friends or families. They live with them yet they communicate very little. We, after all, only know people by their names and never by their feelings or stories.

Leave a Reply

