Mandiri, berusaha, dan menghargai.

Mandiri, berusaha, dan menghargai.

Mandiri atau kemandirian, inilah satu sifat yang aku yakini wajib ada dalam setiap diri manusia.

Mandiri untuk mencari ilmu, pengetahuan, informasi. Mandiri dengan usaha sadar bahwa diri ini masih bodoh dan perlu pengajaran. Benci rasanya jika beberapa orang memilih cara instan untuk menjadi pintar. Mereka manja, tidak mandiri. Mereka merepotkan, tak tahu diri. Mereka meminta tolong, tapi jarang berterimakasih.

Mandiri, kita harus mandiri, menjadi pejuang ilmu pengetahuan, pejuang kebenaran. Berjuang dengan inisiatif sendiri, dengan daya juang yang tiada lelah. Berjuang, bukan meminta orang lain melakukan sesuatu untuk kita, bukan meminta orang lain – dengan segala usaha belajar dan kepandaiannya melakukan hal yang menguntungkan bagi kita. Bukan dengan “menggunakan” kecerdasan seseorang untuk hasil yang bisa kita rengkuh sendiri.

Mandiri untuk menjadi pembelajar sejati, pembelajar yang tahu banyak hal karena membaca, mengkaji dan berdiskusi. Bukan pembelajar yang hanya “mendompleng” nama orang lain, bukan pembelajar yang “meminta” bantuan temannya, bukan pembelajar yang berebut ingin sekelompok dengan orang-orang hebat dan memandang rendah orang-orang lain disekitarnya.

Mandiri untuk membangun citra diri sebagai orang baik lagi terpercaya. Menjadi pribadi yang boleh jadi tidak pintar, tapi dihargai orang lain karena sifat mulianya. Mandiri untuk berlatih keterampilan karena kita tahu kita masih belum cakap. Mandiri, berusaha, dan menghargai. Tiga sifat yang aku kagumi.

Mandiri dan berusaha untuk menjadi pintar – bukan dengan cara “mendompleng” polularitas orang jenius di kelas, bukan juga dengan meminta ide atau pengetahuan yang kau minta dengan mudah. Menjadi pintar tidak hanya tentang kau dilihat hebat, disegani, dipandang brilian, menjad pintar adalah tentang bagaimana kamu memperoleh ilmu pengetahuan dan bagaimana kamu menggunakannya.

Mandiri,  sungguh kau harus mencari sendiri ilmu yang kau inginkan. Jangan kau “gunakan” akal brilian orang lain untuk membantumu menjadi pintar. Sungguh, usaha yang jujur tidak akan mengkhianati hasil.

Mandiri, berusaha, dan menghargai – tiga sifat yang aku kagumi. Mandiri untuk mencari ilmu, inisiatif, dan teguh berjuang tanpa “memanfaatkan” orang lain apalagi curang, berusaha dengan jujur dan terpuji – berusaha meski hasil belum maksimal, berusaha meski akan ada 1000 orang yang lebih baik, berusaha untuk menjadi pribadi berilmu lagi bermanfaat, bukan hanya pribadi yang haus akan pujian dan penghargaan. Menghargai, sifat akhir yang aku kagumi – menghargai mereka yang membantumu, yang tidak keberatan membantumu, yang dengan senang hati membagi ilmunya. Menghargai mereka yang dengan kebaikan hatinya mau membantumu, menghargai mereka yang meski tidak dibayar mau mengajarimu, menghargai mereka yang kapanpun kau butuh, mereka selalu ada. Menghargai adalah bentuk utuh rasa kesyukuran – rasa syukur kepada Tuhan dan kepada sesama manusia. Rasa syukur yang sering kita representasikan dengan ucapan “Alhamdulillah” dan “Terimakasih”. Sungguh  menyebalkan melihat orang yang telah kau bantu, pergi begitu saja, tanpa terimakasih. Bukan maksud mengharap imbalan, bukan juga karena tidak ikhlas, tapi ini tentang menghargai, tentang kesyukuran atas bantuan seseorang terhadap kita.

Menghargai, sekecil apapun bantuan yang kau dapat, ucapan terimakasih akan sangat bijak untuk diucapkan. Sungguh hebat mereka yang bisa menghargai sesama dan mensyukuri bantuan orang-orang disekelilingnya. Dan sungguh rugi lagi tidak terpuji mereka yang lupa menghargai bahkan menyalahgunakan kebaikan atau pertolongan yang mereka dapat. Sungguh, betapa tidak menyadarinya mereka, bahwa mereka telah menyalahgunakan kebaikan, perasaan, dan pengetahuan seseorang.

Mandiri, berusaha, dan menghargai semoga sifat-sifat ini selalu terpelihara dalam diri kita sehingga kita bisa menjadi pribadi yang tak hanya dihargai mahluk bumi (manusia) tapi juga mahluk langit (malaikat). Aamiin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s