niat

niat

Hal apapun sebaiknya dilakukan dengan niat dan niat itu harusnya adalah niat kebaikan. Sama halnya dengan belajar. Niat belajar atau pergi ke sekolah tiap hari itu apa ? Niat ini harus diperbaharui setiap harinya. 

Gak ada yang instan. Begitu kata orang-orang. Mi rebus aja yang katanya mi instan harus dimasak dulu. Kalo kita pengen dpt apa yang kita mau berarti harus usaha, karena itu enggak instan. Selama proses usaha ini, godaan datang silih berganti. Saya ambil keadaan atau proses belajar ya, alasannya karena saya adalah seorang pembelajar. Proses belajar adalah suatu proses yang semua orang lalui. Kalo menurut saya pribadi, hidup itu adalah proses belajar dan pada dasarnya manusia adalah pembelajar sejak ia lahir sampai ia meninggal. Lalu, apakah proses belajar ini akan berjalan mulus tanpa godaan? Tanpa hambatan? Jawabannya adalah tidak. Proses ini sama seperti proses lainnya. Ada godaan dan juga hambatan. Ada ujian dan ada juga tantangan. 

Biasanya ujian yang paling besar adalah rasa malas dalam diri kita. Malas datang ke sekolah/kampus, malas belajar, malas membaca dll. Jujur saja, saya sedang terjangkit virus malas beberapa hari ini. Mungkin ini yang menjadi sebab mengapa saya menulis ini. Saya berpikir “coba gue bisa main hp seharian, nonto  tv, dan gak usah belajar.” Ya, kadang kita berpikir seperti itu. Untuk menghilangkan rasa malas ini tidaklah mudah. Harus ada kemauan besar untuk melawannya. Lalu, bagaimana cara saya melawannya? Saya membiarkan diri saya malas untuk sesaat, melakukan apa yang saya ingin lakukan, melupakan ujian dan mengesampingkan buku buku yang harusnya saya baca. Ya, saya membiarkan diri saya untuk malas. Tapi itu hanya berlangsung sebentar. Tidak rela saya jika setan merayu saya lebih lama. Tidak rela saya jika setan menang. Susah memang untuk terus termotivasi, untuk terus melakukan apa yang seharusnya kita lakukan. Terkadang godaan yang ada lebih besar dari motivasi yang kita punya. Lalu bagaimana ? Ya serahkan saja pada Allah. Bangkit dari rasa malas itu, buka buku, baca, belajar, matikan hp dan percaya bahwa sangat tidak pantas untuk menyiakan nyiakan akal pikiran yang sudah Allah berikan dengan bermalas malasan. Karena pada akhirnya, orang yang berhasil adalah orang yang memiliki keingiman dan daya juang, bukan hanya orang pintar atau kaya. 

SEMANGAT!

 

Leave a Reply

